Banyak Perwira Polri Kurang Berkualitas

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo menduga ada yang salah dalam pemberdayaan

SDM d intitusi Kepolisian. Hal ini dibuktikan dengan melejitnya karir calon Kapolri Komjen Timur Pradopo, yang mampu menyalip dua rekannya yang sudah terlebih dahulu berpangkat Komjen.

"Pemberdayaan SDM harus ditingkatkan. Ini penting karena ada peristiwa menarik. Pembinaan yang lebih luas di Polri. Bayangkan saja calon Kapolri kita dua nama yang di usulkan, yang keluar (nama) lain. Saya curiga ada yang salah dalam pembinaan Polri," katanya kepada okezone, Selasa (12/10/2010).

Bambang menjelaskan, keluarnya nama Timur secara mendadak, bahkan pagi masih Irjen, siang Komjen, dan malam menjadi calon Jenderal penuh, secara tidak langsung membuktikan kepada masyarakat bahwa ada seleksi yang tidak wajar di tubuh Polri.

"Keterangan Menko Polhukam yang mengatakan Pak Timur paling cocok. Artinya seleksi internal Polri tidak menjawab dari user-nya," kata Bambang.

Diketahui, 4 oktober lalu, Mabes Polri tiba-tiba saja memutasi tiga jenderal. Mereka adalah Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Iman Hariyatna yang digantikan oleh Kapolda Metro Jaya saat itu Irjen Timur Pradopo. Dan posisinya kemudian diganti oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Sutarman.

Sumber: http://news.id.msn.com/okezone/regional/article.aspx?cp-documentid=4391071